Mengatasi black screen gagal update bios



Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan cara dan tutorial mengatasi black screen saat gagal mengupdate bios dengan teknik batch file memakai floppy disk maupun flashdisk.

Bios ini merupakan komponen penting untuk mendukung semua komponen diantaranya chipset, processor, dan sebagainya. tanpa bios cpu atau laptop tidak akan tampil atau tidak bisa masuk windows, karna bios mengatur proses booting cpu atau laptop tersebut.


Black screen ini menimpa admin saat mengupdate bios type Gigabyte dan terjadi lampu mati saat proses mengupdate dan saat itu saya mengupdate bios dikarenakan saya ingin mengganti processor dengan i5 tapi bios sebelumnya tidak cocok atau tidak tampil di monitor black screen.

Ada 3 hal yang menyebabkan gagal mengupdate bios diantaranya seperti : mati lampu saat proses mengupdate bios, file update bios tidak cocok dengan motherboard, file bios update corrupt.


Jadi menurut admin saat mengupdate atau memperbarui bios ini harus exstra hati hati karna bisa saja laptop atau cpu mati total, atau chipset bios rusak yang harga nya tidak lah murah.

Tutorial

- siapkan flashdisk atau floppy disk
- format menjadi fat32
- buka notepad copy kode berikut


- simpan dan buat nama dan autoexec.bat
- download awdflash
- simpan file autoexec.bat dan awdflash di flashdisk atau floppy disk yang telah diformat tadi

hidupkan komputer atau laptop lalu masukkan flashdisk tersebut dan tunggu proses berjalan untuk merecovery bios, jika proses sudah selesai akan ada suara beep atau layar sudah bisa tampil lagi, lalu cabut flashdisk agar tidak merecovery ulang.

Jika masih kesusahan membuat file autoexec dan awdflash, admin sudah membuat dan dibungkus dengan zip tinggal di taruh di flashdisk yang telah diformat

Download disini

Sekian dari saya tentang tutorial cara mengatasi black screen gagal update bios semoga bermanfaat dan berguna bagi banyak orang, terimakasih telah berkunjung di website software tempur.