Membuat Restore Point Dan Cara Memakainya



Restore point merupakan fitur yang disediakan oleh microsoft corporation yang memiliki fungsi untuk mengembalikan keadaan perangkat windows sebelumnya saat awal mula dibuat titik restore point oleh pengguna, pada umumnya restore point digunakan oleh teknisi komputer untuk mengembalikan file atau berkas yang terkena virus ransomware atau studi kasus lainnya.
Baca juga : mengembalikan file yang terkena virus rumba ransomware

Apa itu restore point ?

Restore point adalah proses yang dapat mengembalikan perangkat laptop atau windows saat terjadi kerusakan dalam software, seperti asuransi teknik ini dapat menjamin perangkat untuk menjadi sehat kembali saat terkena virus virus berbahaya tanpa harus melakukan kegiatan install ulang, sama halnya seperti menggambar di corel draw terdapat sistem undo redo, nah restore point ini sebagai undo pada perangkat windows. oke kembali ke inti tujuan postingan bagaimana cara membuat restore point dan cara memakainya simak tutorial di bawah ini.

Tutorial

cara membuat restore point pada windows


1. Pertama buka windows explorer lalu klik pilihan my pc atau this pc klik kanan lalu klik properties, lihat gambar di bawah ini.



2. Lalu kemudian akan terdapat 4 pilihan di pojok kiri atas device manager, remote settings, system protection, advanced system protection, pilih menu system protection lihat gambar biar lebih jelas.


3. Lalu akan terdapat pilihan lagi, klik bagian create untuk membuat restore point, sedangkan pilihan satunya yakni configure untuk mengelola settingan restore point serta menghapus restore point, lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.


4. Setelah klik create lalu buat nama untuk membuat restore point lalu klik create, untuk contoh saya membuat nama restore point softwaretempur.com.


5. Lalu perangkat akan membuat sebuah titik restore point, silahkan tunggu beberapa menit untuk proses pembuatan restore point.


6. System restore point berhasil dibuat dengan sukses, nah bagaimana cara memakainya saat terjadi masalah pada perangkat komputer atau laptop kalian ? simak tutorial dibawah ini.


Cara memakai restore point


1. Sama seperti tutorial diatas pertama ikuti langkah dari 1 sampai 3 langkah diatas terlebih dahulu lalu saat sampai gambar dibawah ini, klik system restore dan ikuti langkah selanjutnya


2. Lalu klik tombol next untuk melanjutkan proses mengembalikan atau restore point yang telah dibuat tadi diatas dengan nama softwaretempur.com


3. Nah ini merupakan system restore point yang telah saya ciptakan tadi yang saya beri nama softwaretempur.com lalu klik next untuk melanjutkan system restore tersebut.


4. Klik finish untuk melanjutkan konfirmasi restore point.


5. Klik yes untuk melanjutkan restore point.


6. Sistem akan menyiapkan restore point dan perangkat akan merestart, proses bisa memakan waktu lima hingga sepuluh menit, harap menunggu hingga perangkat sepenuhnya menyala.


7. Jika sistem restore berhasil akan terdapat notikasi seperti gambar dibawah ini.


Informasi tambahan

Itulah beberapa cara tentang bagaimana membuat restore point serta cara memakainya ada beberapa informasi yang akan saya berikan seputar restore point yang harus kamu ketahui yakni :
  • System proses restore point hanya berefek dan berdampak pada registry sistem serta pengaturan pada windows jadi data data dokumen, video, musik dan lain lain akan tidak berdampak
  • Sejatinya windows memiliki system restore point sendiri secara otomatis tapi kamu dapat membuat system restore point secara langsung seperti halnya yang saya buat tadi
  • System windows restore point ini tidak dapat memasang atau menginstall software yang terpasang saat memakai restore point, meskipun sudah memasang pada jauh dikemudian hari

Penutup

Sekian dari saya tentang tutorial bagaimana cara membuat restore point dan bagaimana cara memakainya di kemudian hari, semoga bermanfaat serta berguna bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di website software tempur.