Cara Mudah Atasi Pc Atau Laptop Lambat



Hallo sahabat softwaretempur, jumpa lagi dengan saya admin tamvan yang akan membahas tentang artikel cara mudah atasi pc atau laptop windows saat mengalami gejala lambat, penasaran seperti apa trik dan apa penyebab nya ?, Langsung saja simak penjelasan dibawah ini.
Baca juga : ancaman serangan yang sering terjadi di internet
Lambat memiliki arti lain yang berarti pelan saat melakukan kinerja seperti membuka program (software), membuka dokumen, membuat arsip, membuka browser, dan aktivitas komputer lainnya, dalam kasus lain pc yang lambat atau lemot bisa menyebabkan anda emosi dan menutup program secara paksa dengan task manager.

Penyebab dan solusi

Tentunya saat ada api tentu akan ada asap, adapun penyebab perangkat kamu lemot akan saya jelaskan dibawah ini, jika sebelumnya pc atau laptop anda memiliki performa yang cukup bagus dan langsung mendadak lemot, hmm, mungkin perlu anda analisa serta perhatikan lebih lanjut.

1. Sampah berlebihan

Yaa sampah atau kotoran pada perangkat komputer laptop dapat membuat masalah lambat atau lemot, sampah seperti program yang telah dihapus namun masih meninggalkan sampah, file folder kosong, history jelajah website browser dan masih banyak lagi jenis file sampah pada perangkat.

Bagaimana solusinya
Untuk mengatasi masalah sampah ini anda bisa menggunakan software tambahan seperti wipe pro, ccleaner, garbage dan software pembersih lainnya, dapat anda download atau unduh pada label cleaner melalui website ini.

2. Tersusupi virus


Masalah kedua yang harus anda ketahui yakni adanya virus, virus malware merupakan program buatan berbahaya yang ingin mengeksploitasi atau memanfaatkan sumber daya perangkat untuk dijadikan keuntungan bagi pembuat virus tersebut, seperti contoh virus mining, iklan, popup dan sebagainya.

Kenapa bisa bikin lemot ?
Karena banyak program virus sedang berjalan di latar belakang perangkat dan menghabiskan sumber daya cpu ram pada perangkat komputer atau laptop pengguna, yang bisa anda cek melalui task manager (ctrl + alt + del), saking banyaknya mungkin bisa memakan sumber daya cpu hingga 100%

Bagaimana solusinya ?
Untuk solusi mengatasi virus atau malware yang dapat menyebabkan lambat ini kamu bisa gunakan antivirus malwarebytes dan melakukan full scan secara menyeluruh, atau kamu bisa gunakan jenis software antivirus lainnya yang terpercaya.

3. System registry error

Yang satu ini merupakan penyebab lain dari lemotnya perangkat desktop anda, Karena operasi sistem dari perangkat anda tidak dapat bekerja dengan baik dan tidak normal saat menjalankan sistem boot atau membuka aplikasi yang terinstall di dalam operasi sistem windows pengguna.

Bagaimana solusinya ?
Untuk solusi mengatasi perangkat pc yang lemot akibat registry error kamu bisa melakukan perbaikan dengan software tambahan yakni windows repair dan melakukan otomatis memperbaiki berbagai masalah termasuk registry yg error hanya dengan beberapa klik saja.

4. Tambah ram


Memang ini terbilang paling ampuh dalam mengatasi laptop yang lambat, yakni menambah ram, sebelum menambah ram kamu perlu terlebih dahulu melihat slot yang tersedia pada laptop dengan software tambahan speccy, untuk pc sih tinggal bongkar saja ya, hehe,

Untuk membeli ram ini kamu bisa membeli melalui online atau digerai toko komputer yang menyediakan ram, saat menambah ram pastikan melihat tipe dan nomer seri terlebih dahulu ya hehe, pastikan sama dengan sebelumnya, sekedar info 32bit hanya bisa menerima ram max 4GB, dan 64bit bisa kamu isi bebas sesuai kantong anda, hehe

5. Hardware versi lama

Yaa penyebab lain dari laptop atau komputer yang lemot adalah hardware memiliki versi yang lama, dan semakin bertambahnya tahun operasi sistem windows semakin berat dan selalu update, untuk solusi ini yakni kamu perlu melakukan downgrade.

Apa itu downgrade ?
Downgrade os merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menurunkan versi os dari yang baru menjadi ke yang lama, seperti contoh operasi sistem ringan dan memiliki versi lama seperti windows XP ataupun windows 7, atau kamu bisa memakai win versi lite (windows update mati).

6. Install ulang


Cara ini terbilang cukup efektif bagi kalian yang memiliki masalah perangkat desktop dalam loading yang lambat, yaa install ulang, yaitu menginstal lagi operasi sistem yang sedang kamu gunakan, seperti contoh operasi sistem bawaan anda win10, jadi anda perlu menginstal ulang os windows 10 tersebut.

Namun sebelum melakukan install ulang kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu yang menyiapkan iso dari operasi sistem yang akan kamu lakukan instalasi ulang, untuk tutorial nya akan saya buatkan menyusul, jika saya masih kelamaan, langsung saja buka YouTube, hehe.

Penutup

Itulah pembahasan sederhana tentang cara mudah atasi pc atau laptop yang lambat atau lemot, semoga tulisan ini membawa manfaat dan berguna bagi banyak orang yang membacanya, dan terimakasih telah berkunjung di website software tempur.

Buka Komentar Tutup Komentar