Blogroll

Memindah Lokasi Program ke Directory Lain



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tutorial tentang cara memindahkan lokasi penyimpanan program atau software yang terinstall ke directory lainnya, teknik ini menggunakan perintah cmd yang pastinya mudah untuk anda praktekkan, tapi sebelum itu kamu harus mengetahui lokasi directory program yang akan dipindah nantinya.
Baca juga : menggabung & memisahkan partisi HDD dengan mini partition
Tutorial ini mendukung juga untuk memindah lokasi penyimpanan program antar partisi hardisk windows, sebagai contoh saya memiliki software yang berlokasi di penyimpanan partisi C (sistem hasil backup) dan ingin memindah ke partisi D (master), seperti apa tutorial? Simak terus pembahasan di bawah ini.

Apa itu directory hardisk?

Sebelum lanjut ke inti pembahasan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu pada tutorial ini memanfaatkan directory penyimpanan hardisk sistem windows anda, Directory merupakan lokasi penyimpanan yang berisi satu berkas atau folder berkas lainnya yang disebut subdirectory.


Persiapan

  • Temukan terlebih dahulu lokasi penyimpanan program
  • Buat folder pada partisi atau directory lain yang ingin ditentukan
  • Program yang dipilih tidak mengalami kerusakan atau error

Tutorial

Cara memindah penyimpanan program ke directory lain

  • Buka cmd (run as administrator)




  • Setelah berhasil masuk cmd, Tulis perintah MkLink /J "directoryProgram" "directoryLain" lalu klik enter, pada directory tujuan kamu harus membuat folder lagi, semisal seperti gambar dibawah ini, program kamu berlokasi di softwaretempur.com\Backup dan akan dipindah ke www.softwaretempur.com, nah kamu harus membuat folder baru dan memberi nama persis folder akhir (Backup) pada directory www.softwaretempur.com


  • Junction created memiliki sistem pemindahan lokasi penyimpanan dari lokasi awal ke lokasi tujuan directory atau partisi hardisk lainnya, bahasa lainnya sebagai batu lompatan, hehe.


  • Batu lompatan berhasil dibuat


Informasi tambahan

  • Dapat digunakan tanpa perlu menghapus program
  • Cocok digunakan pada program yang memakan lokasi penyimpanan pada partisi C seperti program media Itunes, Bluestack dan sebagainya.
  • Support pada basis windows 32bit 64bit

Penutup

Oke cukup sekian dari saya tentang pembahasan cara mudah memindah lokasi penyimpanan program ke directory atau partisi hardisk lain, semoga bermanfaat bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di website softwaretempur, hehe.