Blogroll

11 Jenis Virus Komputer yang Wajib Diketahui



Virus tidak hanya mengancam kesehatan manusia, tetapi juga mengancam kesehatan komputer Anda. Tentunya virus yang membahayakan manusia berbeda dengan virus yang membahayakan file dalam komputer. Akan tetapi, begitu komputer terkena virus, bukan hanya file saja yang bisa rusak dan hilang, namun komputernya sendiri juga bisa menjadi lambat, eror bahkan rusak.
Baca juga : cara mudah mengatasi error wifi windows no internet access

11 Jenis Virus Komputer yang Harus Diketahui

Sayangnya, virus komputer tidak hanya terdiri atas satu jenis. Melainkan terdiri atas berbagai jenis dengan nama yang berbeda. Selain itu, virus-virus tersebut mempunyai kemampuan masing-masing dan dapat menyebabkan kerusakan sesuai dengan kemampuannya tersebut. Nah, untuk mendapatkan pengetahuan lebih jauh tentang jenis virus komputer, mari simak penjelasan singkat berikut ini.

1. Companion Virus


Jenis yang pertama bernama Companion virus. Ini adalah virus yang akan mengganggu berbagai data pribadi para pemilik komputer. Virus ini cenderung sulit untuk dideteksi dan tempat persembunyiannya adalah di hardisk. Virus ini juga umumnya akan berkumpul dengan file-file yang baru saja dibuat.

Untuk kemampuannya sendiri, Companion virus akan membuat format data menjadi berubah. Sementara untuk cara mencegahnya bisa dilakukan dengan menginstall sekaligus membersihkan komputer secara rutin menggunakan antivirus.


2. Directory Virus


Jika komputer Anda terkena Directory Virus, maka satu-satunya jalan yang bisa dilakukan ialah menginstall ulang sistem operasi sekaligus memformat hardisknya. Dengan kata lain, virus ini tidak bisa Anda tangani dengan hanya sekedar membersihkannya menggunakan software antivirus yang biasa digunakan.

Directory Virus sendiri merupakan jenis virus komputer yang mengancam file-file dengan ekstensi .exe. Kemampuan virus satu ini ialah membuat file dengan ekstensi yang dimaksud menjadi error atau bahkan hilang tanpa alasan. Sayangnya juga, begitu sistem kerja file .exe diaktifkan, maka virus juga akan ikut akif dan berpotensi besar menginfeksi file yang lainnya.

Jika sudah demikian, maka virus akan menyebar dan memperbesar kemungkinan komputer menjadi lambat. Bahkan bukan hanya itu saja, ada kemungkinan juga program-program yang ada dalam komputer tidak bisa dijalankan atau dibuka.


3. FAT Virus


FAT Virus adalah singkatan dari File Allocation Table Virus. Ini merupakan virus berbahaya yang juga mampu merusak berbagai file yang terdapat dalam komputer. Bahkan bukan hanya itu saja, virus ini juga sangat lihai dalam menyembunyikan file-file penting sehingga file-file tersebut tampak hilang atau terhapus.

Namun, begitu Anda mengecek kapasitas memori, maka tidak akan ada perubahan yang muncul. Artinya, kapasitas memori akan tetap sesuai dengan yang Anda gunakan sebelumnya, khususnya sebelum file penting tersebut hilang.

Walaupun berbahaya, virus ini bisa dikatakan cukup mudah untuk diatasi. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan software antivirus yang biasa digunakan. Namun, mengingat virus ini juga terus berkembang, jadi sangat disarankan agar Anda senantiasa mengupdate antivirus yang digunakan.


4. Trojan virus


Salah satu jenis virus komputer yang cukup terkenal ialah Trojan. Jika hendak dicermati sebenarnya Trojan bukanlah virus. Hanya saja mengingat kemampuannya dalam mengganggu kinerja komputer, jadi ada banyak orang yang memasukkannya dalam golongan virus komputer.

Trojan sendiri umumnya digunakan untuk mencuri data bahkan sekaligus mengendalikan data milik target. Virus ini biasanya akan muncul melalui internet, salah satunya melalui email yang diterima oleh target. Dari sini nantinya Trojan akan mulai menginfeksi komputer dan melakukan pekerjaannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan antivirus yang memang khusus untuk menghadapi virus Trojan.


5. Worm virus


Hadir dengan cara yang sama seperti virus Trojan, yakni melalui internet, virus Worm akan membuat penyimpanan komputer Anda menjadi lekas penuh. Hal ini dikarenakan virus Worm memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya dengan cepat. Alhasil, apabila Anda membiarkannya saja, maka komputer Anda akan menjadi lambat bahkan sistemnya juga rusak.

Biasanya pemilik komputer yang tidak terlalu peka kurang menyadari kehadiran jenis virus komputer satu ini. Rata-rata pemilik akan tahu bahwa komputernya terkena Worm saat perangkatnya tersebut menjadi lambat serta terdapat file-file sampah yang sulit dihapus. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan antivirus, baik versi biasa maupun versi pro.


6. Multipartite Virus



Jenis virus komputer satu ini akan bersembunyi di dalam RAM dan kemudian menginfeksi sistem operasi tertentu sebagai langkah awalnya. Setelah itu, Multipartite Virus akan menyerang hardisk. Kemampuan virus satu ini tergolong cepat sehingga begitu komputer Anda terkena, kesehatan RAM serta hardisk komputer sangat terancam. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan pembersihan bad sector serta disk defragmenter.

7. Memory Resident Virus


Sama seperti virus sebelumnya, Memory Resident Virus juga mengancam RAM. Virus ini akan berdiam dalam memori sekaligus mengganggu kinerja memori. Memory Resident Virus juga akan langsung aktif begitu komputer dinyalakan dan efeknya pun akan langsung terasa. Salah satu efek tersebut ialah program komputer yang semakin lama semakin lambat. Beruntungnya, virus ini sudah dapat dihalau dengan menggunakan antivirus-antivirus yang ada saat ini.

8. Polymorpic Virus


Untuk jenis virus komputer yang pintar, salah satunya ada Polymorpic Virus. Dikatakan pintar karena virus ini akan masuk ke program komputer dan setelah itu mengubah strukturnya. Virus ini akan kembali merubah strukturnya setelah tugasnya selesai dijalankan. Ketika menginfeksi sistempun, Polymorpic Virus juga akan menyandikan diri secara otomatis.

Hebatnya lagi, Polymorpic Virus juga mampu memanipulasi antivirus agar dirinya tidak dianggap berbahaya. Mengingat kemampuannya tersebut sudah tentu virus satu ini tidak bisa diatasi dengan sangat mudah. Anda harus menggunakan antivirus yang berbayar dan sayangnya, tidak semua antivirus yang ada bisa digunakan.

Anda harus menggunakan antivirus yang benar-benar sesuai untuk virus tersebut. Namun sebagai langkah pencegahan, Anda dapat menginstall firemall dan antivirus dalam komputer.


9. Web Scripting Virus


Jika mengingat virus Trojan, sebenarnya Web Scripting Virus juga bukanlah virus. Namun karena Web Scripting Virus ini dapat mengganggu program-program yang terdapat dalam komputer, jadilah dia digolongkan sebagai virus. Sesuai dengan namanya, Web Scripting Virus ini sebenarnya bekerja dengan cara mengoperasikan konten yang terdapat dalam website.

Oleh sebab itu, virus ini akan muncul ketika komputer dalam kondisi yang terhubung dengan internet. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Microsoft Tool yang merupakan software bawaan dari Windows. Lakukan pembersihan secara berkala menggunakan Microsoft Tool tersebut. Tetapi kalau Anda ingin menggunakan software antivirus lainnya juga bisa kok.


10. Boot Sector Virus


Sedikit berbeda dengan virus yang lainnya, Boot Sector Virus tidak bekerja dengan menyerang program komputer. Akan tetapi dia akan langsung menyerang sektor boot yang merupakan bagian terkecil dalam penyimpanan hardisk.

Jenis virus komputer satu ini akan bersembunyi dalam floppy disk, dan mampu bergerak ke mana saja serta menginfeksi file apa saja yang terdapat dalam hardisk. Untuk mengatasi boot sector, Anda dapat menggunakan software antivirus dan menyetel hard drive menjadi dalam mode write protect, bisa menggunakan program hard drive protection.


11. Stealth virus


Berbicara tentang virus yang cukup sulit untuk dideteksi, maka Stealth adalah salah satunya. Stealth akan menyembunyikan dirinya dengan cara yang pintar, yakni membuat file yang sudah terinfeksi menjadi tampak tidak terinfeksi. Namun umumnya, begitu file yang terinfeksi tersebut dibuka, informasi yang ada di dalamnya sudah rusak.

Anda bisa melakukan scanning yang menyeluruh pada komputer untuk mengetahui keberadaan jenis virus komputer satu ini. Jika sudah ketemu, harap untuk segera menghilangkan berbagai file yang sudah terinfeksi.


Pencegahan & cara mengatasi

Meskipun virus mempunyai kemampuan yang berbeda dan tentunya merusak komputer, kamu dapat mencegahnya dengan tidak menginstall program sembarangan, memperbarui antivirus dan selalu install program dari website yang terpercaya seperti softwaretempur, hehe.

Cara mengatasi

Jika virus sudah berhasil menginfeksi komputer anda dengan sangat parah kamu dapat melakukan scan melalui bootable flashdisk menggunakan kaspersky rescue disk iso atau alat rescue disk lainnya, jika memungkinkan kamu dapat menggunakan loaris trojan remover atau eset online scanner untuk melakukan full scan windows yang telah terinfeksi virus.

Penutup

Oke cukup sekian pembahasan tentang jenis virus komputer yang wajib diketahui semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di website softwaretempur, see you next artikel.