Blogroll

Mengenal Apa Itu Software Payroll dan Fungsinya


Software payroll

Bagi yang belum tahu, pengaplikasian software payroll berkaitan erat dengan perhitungan gaji karyawan. Platform ini memberi solusi akan bermunculannya masalah ketika upah dihitung dalam waktu lama, diserahkan secara terlambat, atau ada juga pekerja yang sudah resign namun tetap menerima.
Baca juga : pengertian dan jenis simulasi digital masa kini

Apa Itu Software Payroll?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya istilah gaji  mengarah kepada karyawan yang telah memperoleh kompensasi dari perusahaan. Sayangnya kebanyakan orang akan menggunakan sebutan tersebut untuk besaran uang akan diterima oleh setiap pekerja per periode tertentu.

Software payroll merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang menawarkan kemudahan bagi perusahaan dalam perhitungan gaji karyawan. Proses ini akan dipermudah ketika mereka harus menghitung beberapa data seperti uang makan, lembur, tunjangan, BPJS hingga PPh pasal 21.

Melalui software payroll ini penggajian akan lebih mudah dilakukan berdasarkan beberapa perhitungan seperti jam kerja, kehadiran dan lembur. Sistem ini secara otomatis bisa langsung menarik deposito perusahaan untuk dikirimkan ke rekening karyawan.

Fungsi Software Payroll

Penggunaan software ini tentu akan menghemat waktu dan juga tenaga. Mengelola gaji karyawan isa lebih mudah dilakukan karena minim terjadi kesalahan. Hal ini memungkinkan divisi keuangan dan HRD dapat mengerjakan pekerjaan lainnya. Lantas apa saja fungsi dari perangkat lunak ini?

Menghitung Jumlah dan Potongan Gaji
Penentuan gaji kotor yang sudah ditentukan, maka sistem akan secara otomatis menghitung jumlah total ketika sudah dikurangi dengan beberapa potongan seperti asuransi, BPJS dan pajak. Semua perhitungan ini bisa langsung dikirimkan ke rekening karyawan masing-masing.

Menariknya lagi beberapa sistem perhitungan yang dilakukan oleh software payroll ini tidak hanya bisa menghitung potongan umum saja. Banyak perusahaan telah menemukan cara bagaimana memotong gaji dari penggantian biaya reimbursement, pengobatan non BPJS hingga pengeluaran lainnya.

Menyimpan Data Secara Aman dan Otomatis

Seiring berkembangnya teknologi tentu menuntut semua pihak untuk bekerja lebih cepat begitupun bagi perusahaan untuk mengurus gaji karyawannya. Tentu menyimpan segala data akan memerlukan banyak waktu dan juga membutuhkan ratusan halaman kertas setiap pendataan dilakukan. 

Mengingat bahwa sistem dari software payroll ini dikerjakan oleh sebuah sistem, maka perusahaan tidak perlu lagi untuk mempersiapkan perhitungan gaji dengan cara manual. Data lama bisa saja dihapus apabila sudah dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut.

Perusahaan Bisa Menyesuaikan Kebutuhan
Tentunya setiap perusahaan memiliki kebutuhannya masing-masing. Mereka pun bisa menyesuaikannya berdasarkan sistem software payroll yang akan digunakan dengan menyampaikannya kepada pihak vendor masing-masing.

Contohnya jika sebuah perusahaan kecil hanya memerlukan beberapa fitur saja daripada mereka yang sudah berdiri lama dan memiliki pasar luas. Hal ini pun dapat disesuaikan dengan pengaturan software payroll mulai dari pengelolaan absensi, perizinan, penjadwalan, perhitungan gaji dan lainnya.

Software Berbasis Cloud

Hampir seluruh software payroll kini telah berbasis cloud sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mengaksesnya asalkan terhubung dengan akses internet dan memiliki jaringan stabil.
Sistem berbasis cloud ini akan mengalami pembaruan dengan cepat apabila terjadi suatu kebijakan baru. Umumnya jika ada peraturan baru dari pemerintah mengenai ketentuan upah karyawan maka secara otomatis software payroll bisa menyesuaikannya.

Dengan kata lain, software payroll merupakan sebuah program komputer yang digunakan untuk pengelolaan data karyawan terkait perhitungan gaji hingga sampai ke tangan karyawan masing-masing. Tentunya sistem seperti ini diperlukan perusahaan untuk memudahkan saat menyelesaikan pekerjaan.