6 Fungsi Web Hosting untuk Pemilik Website

Posted on

Mungkin Anda sudah sering melihat iklan hosting web berseliweran di internet. Bahkan semua brand mengklaim kebolehannya sebagai tempat hosting terbaik. Namun, masih bingung dengan kegunaannya?

Nama-nama teknisnya yang sering disebut dalam iklan terkadang membuat banyak orang kebingungan dengan fungsi hosting sebenarnya. Padahal keberadaannya sangat penting. Khususnya bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia penulisan, penjualan online, dan bisnis lainnya.

6 Fungsi Web Hosting untuk Pemilik Website
6 Fungsi Web Hosting untuk Pemilik Website

Apakah sebenarnya fungsi web hosting ini? Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai fungsi hosting, simak informasi selengkapnya hingga akhir. Karena informasinya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin serius mengembangkan website.

Baca juga : web hosting indonesia server terbaik (https://www.domainesia.com/)

Pengertian Sederhana Tentang Hosting

Apabila ingin memiliki sebuah website maka penting untuk memahami apa itu hosting. Secara umum, hosting adalah sebuah layanan yang gunanya untuk menyimpan konten yang bisa diakses lewat website. Maka dari itu banyak yang menyebutnya sebagai tempat penyimpanan.

Website Anda akan dapat diakses oleh siapa saja di dunia maya. Mulai dari tulisan artikel, barang yang dijual, atau konten apa pun yang Anda taruh di situs di sana bisa dengan mudah diakses oleh siapa saja tanpa batas waktu dan tempat. Dengan syarat jika Anda menggunakan hosting.

6 Fungsi Umum Web Hosting

Setelah memahami arti hosting secara singkat, berikut beberapa fungsi umum dari hosting untuk sebuah situs web.

1. Menentukan Lokasi Server

Sebuah website yang muncul di dunia maya memiliki server sebagai pusat pengelola yang berada di wilayah tertentu. Bisa di Indonesia atau di negara-negara lain. Ada beberapa web hosting yang memiliki beberapa lokasi server untuk memperluas jangkauan.

Fungsi ini sebaiknya disesuaikan dengan tempat di mana Anda berada sekarang. Bila lokasi Anda dan server hosting tersebut terlalu jauh, misalnya berbeda negara, maka akan berpengaruh terhadap kecepatan website.

2. Tempat Membangun Website

Untuk membangun sebuah website, sudah menjadi syarat mutlak menggunakan penyedia hosting. Fungsi hosting itu sendiri seperti “tanah dunia maya” yang disewa untuk dibangun “rumah” yang berbentuk website. Tanpa tanah tersebut, mau berdiri di mana websitenya?

Jadi, jika ingin memiliki situs jejaring web, Anda harus menyewa sebuah tanah yang disebut hosting. Dengan begitu Anda bisa membangun web dan menggunakannya baik untuk berkarya atau pun berjualan via website.

3. Sebagai Penyimpanan Data

Selain sebagai “tanah”, hosting web juga merupakan tempat penyimpanan data. Baik artikel, gambar, dan video merupakan data yang membutuhkan tempat. Data-data tersebut bukan tersimpan di situs web. Website bisa menampilkan konten hanya jika konten tersebut terunggah dan tersimpan di sebuah hosting. Barulah setelah itu Anda dapat mengakses konten yang ada di halaman web.

Hosting juga sama seperti flashdisk dan penyimpanan data lainnya, yaitu memiliki kapasitas tertentu. Jika Anda hanya ingin memposting tulisan dan konten sederhana, paket biasa sudah cukup untuk menampungnya. Namun, akan berbeda jika tujuannya untuk membuat toko online. Biasanya penyedia hosting menawarkan banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Membuat Website

Web hosting tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan saja. Ada beberapa pilihan hosting yang juga menyediakan pembuatan website berbasis CMS. Tampilannya pun lengkap. Mulai dari menu, jenis huruf, tema warna, dan lain sebagainya. Hanya dengan beberapa langkah, website Anda akan langsung jadi.

Untuk menikmati fungsi tersebut, tentu saja Anda tidak perlu harus mempelajari bahasa pemrograman yang rumit dan memakan banyak waktu. Namun, tidak semua hosting menyediakannya. Instant Deploy milik DomaiNesia merupakan salah satu yang bisa digunakan bagi pemula yang tidak mengerti kode pemrograman sama sekali.

5. Meningkatkan Performa Website

Bukan semata-mata sebagai tempat menyimpan, hosting juga berfungsi untuk meningkatkan performa website. Untuk menampilkan data web yang besar, diperlukan sebuah hosting untuk menjaga performanya.

Agar tidak terjadi loading lama, beberapa web hosting didukung teknologi penyimpanan SSD yang kecepatannya melebihi Hardisk. Selain SSD, terdapat fitur unlimited bandwidth yang membuat performa web menjadi lebih efisien.

Tidak hanya didukung teknologi terbaru, hosting juga akan menjaga website Anda tetap aman. Website yang diunggah di dunia maya bisa saja diserang oleh virus, malware, spam dan gangguan lainnya yang membuat kualitas web menurun. Untuk menghindari hal tersebut, hosting akan melindungi situs Anda dengan instalasi SSL.

6. Mudah Mengelola Website

Di dalam hosting terdapat sebuah cPanel yang akan membantu Anda mengatur, melakukan back-up, instalasi, dan lain sebagainya. Control panel tersebut berisi bermaca-macam fitur yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan web, domain, dan hosting.

Fitur tersebut disediakan selengkap mungkin agar mempermudah Anda dalam mengelola website. Sehingga bisa menghemat waktu dan bisa Anda lakukan sendiri. Jadi, itulah tadi beberapa fungsi web hosting yang berguna untuk Anda yang ingin membuat website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *